Seminar Hasil Penelitian Dosen SAPPK ITB 2006

| Rabu, 17 - Januari - 2007, 08:24:40
Bandung, itb.ac.id - Dalam rangka mewujudkan ITB sebagai perguruan tinggi yang berbasis riset dan penelitian, beragam penelitian terus dilaksanakan secara berkesinambungan Pada hari Senin (15/01) dan Selasa (16/01) bertempat di Ruang Seminar Lt.2 Gedung Labtek IXA ITB dilaksanakanlah Seminar Hasil Penelitian Dosen Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB. Seminar yang memakan waktu selama dua hari ini membahas berbagai riset unggulan, riset fakultas, maupun riset kelompok keahlian yang telah dilakukan selama tahun 2006.

Di hari pertama, seminar ini membahas hasil penelitian yang dibagi ke dalam 4 sesi panel. Keempat sesi ini dibawakan oleh Dr.Ing.Ir.Boedi Darma, MSA; Ir.Tjuk Kuswartojo; Drs. Arief Rosyidie, MSP, M.Arch., Ph.D; dan Dr.Ir. M. Tasrif, M.Eng. Berbagai judul penelitian yang dibawakan antara lain Hubungan Korelasional antara Residential Attachment dan Environmental Responsibility Pada Lingkungan Hunian Kampung Kota, Studi Konstruksi Sosial Biodiesel dalam Rangka Upaya Penerapan Prinsip Good Governance pada Kebijakan Energi Terbarukan, dll.

Sama halnya dengan hari pertama, di hari kedua seminar ini masih dibagi ke dalam 4 sesi panel namun dibawakan oleh 4 pembicara berbeda, antara lain Dr.Ing.Ir. Himasari Hanan, MAE; Ibnu Syabri, B.Sc., Ph.D; Ir. Haryo Winarso, M.Eng., Ph.D; Dr.Ir. B. Kombaitan, M.Sc. Di hari kedua ini lebih banyak membahas riset-riset unggulan, antara lain Kajian Bahasa Visual Ruang Publik pada Kasus Arsitektur Vernakular Sunda, Maksud dan Panjang Perjalanan Harian di Perkotaan dan Asosiasinya dengan Struktur Spasial Kota, dll.