Leonard Hendrawan: Beasiswa Menjadikan Saya Lebih Bersemangat dan Bersyukur

Muhammad Fikri | Kamis, 17 - Februari - 2011, 12:16:31
Mahasiswa yang akrab dipanggil Leo ini menempatkan kuliah sebagai prioritas utama dibandingkan dengan kegiatan lainnya. "Sebagai mahasiswa ITB saya sadar untuk selalu belajar dan mengembangkan diri, karena di masa depan, kitalah (mahasiswa, red) yang berperan untuk memajukan bangsa," ujar mahasiswa asal Bandung ini.

Di sela-sela kesibukan menjalani kuliah, Leo selalu menyempatkan diri untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti ITB Entrepreneur Award, ITB Fair, dan kepanitiaan penerimaan mahasiswa baru. Antusiasme Leo untuk ikut terlibat di berbagai kepanitiaan mulai dirasakannya semenjak tingkat satu.

Saat ini, Leo aktif di banyak unit kegiatan mahasiswa. Mahasiswa yang pernah mengikut program akselerasi semasa SMP ini juga menjadi pengurus di unit Techno Entrepreneur Club (TEC). Untuk menyalurkan hobi berolahraga hoki, Leo juga tergabung dalam unit Skor Hoki ITB.

Leo bercerita tentang perjuangannya untuk dapat berkuliah di ITB dengan beasiswa. Pada awalnya mahasiswa kelahiran 30 Mei 1992 ini memperoleh informasi tentang BIUS dari internet. "Saat kelas 3 SMA saya sering browsing di internet tentang informasi beasiswa, di saat itu saya menemukan informasi tentang Beasiswa ITB Untuk Semua," tutur penerima gelar siswa teladan semasa SMA. "Dengan mendapatkan beasiswa ini, saya menjadi lebih bersemangat dalam menempuh pendidikan tinggi di ITB serta lebih bersyukur karena tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa," ujar Leo.

Beasiswa ITB Untuk Semua

Logo BIUSBerawal pada tahun 2009, Beasiswa ITB Untuk Semua diprakasai oleh para alumnus ITB. Dengan membawa semboyan "Jangan urungkan untuk menggantungkan cita-citamu setinggi langit", BIUS membuka kesempatan bagi putra putri cerdas di Indonesia untuk menempuh pendidikan di ITB agar kelak dapat menjadi agen perubahan bagi lingkungan sosial asalnya.

BIUS memberikan fasilitas bagi para pemegangnya seperti pembebasan biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya untuk keperluan yang menunjang perkuliahan seperti buku. Selain keringanan pembiayaan dalam menempuh pendidikan di ITB, BIUS juga rutin mengadakan berbagai pelatihan softskill untuk mahasiswa pemegang beasiswa. Pelatihan yang rutin diadakan antara lain pelatihan motivasi, leadership, kemampunan komunikasi, dan kursus bahasa Inggris gratis.

Saat ini ada 101 mahasiswa pemegang Beasiswa ITB Untuk Semua. 40 orang di antaranya adalah mahasiswa angkatan 2009 dan 61 mahasiswa angkatan 2010. Mereka semua tersebar di dua belas Fakultas dan Sekolah di ITB. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa ITB Untuk Semua dapat dilihat di www.itbuntuksemua.com