Momen Wisuda Oktober 2011: Ajang Kreativitas Ungkapkan Kebahagiaan

Ria Ayu Pramudita | Rabu, 2 - November - 2011, 16:28:44

Para wisudawan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) keluar pertama kali, yang langsung disambut oleh tari-tarian berjudul Beyond the Sky oleh para juniornya angkatan 2011. Selain para penari ini terdapat pula rombongan pemain perkusi dan alat musik tiup bambu yang makin mengentalkan suasana perayaan kelulusan yang bertemakan Paradise of Birds ini. Perayaan oleh mahasiswa FSRD ini memang menjadi semacam tontonan wajib setiap kali wisuda karena sifatnya yang atraktif dan menghibur.

Menyusul FSRD, wisudawan-wisudawan dari himpunan lain mulai keluar dari gedung Sasana Budaya Ganesha dan langsung disambut oleh massa himpunan masing-masing di arena Sarana Olahraga Ganesha (Saraga) ITB yang kemudian melakukan arak-arakan dari Saraga mengelilingi kampus lalu berhenti di himpunan masing-masing. Berbagai macam kostum, properti, dan yel-yel dipertunjukkan sebagai ungkapan kebahagiaan mahasiswa atas keberhasilan para senior maupun teman-teman mereka menyelesaikan pendidikan sarjana. Para mahasiswa dari himpunan yang berbeda saling memberi salam ketika melewati himpunan lain, untuk mengikat persaudaraan.

Saat berkeliling kampus, banyak himpunan berhenti sejenak di Gerbang Ganesha (gerbang selatan kampus) untuk mempertontonkan atraksi kepada khalayak ramai yang telah menunggu di sana. Berbagai himpunan tampil dengan ide masing-masing untuk berusaha merebut hati penonton.

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) tampil dengan tema Yunani, Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) tampil dengan tema perjuangan kemerdekaan, Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis Manajemen (KMSBM) tampil dengan tema the Flintstones, Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G) tampil dengan tema catur, dan lain sebagainya. Massa dari himpunan-himpunan ini melakukan orasi yang kemudian diikuti oleh atraksi yang jika tidak mengundang decak kagum maka akan memaksa penonton tertawa berderai-derai.

Dalam momen-momen semacam ini sangat nampak kultur yang dianut oleh masing-masing himpunan. Himpunan Mahasiswa Tambang (HMT) tidak lupa berdangdut selama atraksi, Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) tidak lupa mempertontonkan motor, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan (HMTM) PATRA tidak lupa mengusung miniatur kilangnya. Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HMTG) TERRA tidak lupa meneriakkan yel-yelnya yang unik, begitu pula semua himpunan lain meneriakkan yel kebanggaan mereka dengan lantang.

Foto-foto lain: