Kuliah Umum Nasional : Wirausaha Muda, Menembus Batas Kesulitan, Raih Kesuksesan

Vernida Mufidah | Sabtu, 19 - November - 2011, 11:33:58
ITB sendiri dipilih menjadi tempat yang mewakili perguruan tinggi yang ada di Bandung, peserta dari acara ini juga beragam tidak hanya dari mahasiswa ITB. Antusiasme mahasiswa juga tinggi dengan banyaknya peserta yang datang memenuhi kursi yang disediakan di Aula Barat ITB.

Memulai Usaha, Menembus Batas Kesulitan, Raih Kesuksesan

Henky Eko sebagai Presiden Direktur Cak Eko Group Manajemen merupakan salah satu sosok wirausahawan muda yang berhasil dalam usahanya. Memulai wirausaha dari tahun 1997, ia mengalami banyak kegagalan namun kegagalan tersebut tidak memudarkan semangatnya. Berbagai macam bisnis juga pernah ia geluti, dari mulai bisnis kuliner, konsinyasi, handphone sampai jasa penjualan mobil.

"Tujuan saya untuk berwirausaha itu bukan mengejar kekayaan, kekayaan itu mengikuti proses yang kita jalani. Jangan terfokus dengan kewirausahaan dapat membuat cepat kaya! Saya hanya ingin bisa memberikan banyak manfaat pada orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan dan berkarya." tutur Eko.

Eko juga menceritakan apa saja yang menjadi penyebab kegagalan dalam berbisnis, yakni salah memilih mitra bisnis, salah kelola dana, ingin sukses dalam sekejap, dikerjai orang kepercayaan, dikerjai pesaing dan tidak mau belajar dari kesalahan. Sedangkan kesalahan yang sering terjadi adalah latah dalam memilih bidang bisnis, konsep yang dijalankan tidak memberikan nilai tambah dan terakhis kurang mampu untuk fokus.

Mitos mitos negatif yang ada dan menjadi penghalang pun harus disingkirkan seperti bisnis itu harus ada bakat, harus mendapat pendidikan dan bimbingan,bisnis tidak memiliki kepastian pendapatan, harus selalu butuh modal dan penuh resiko. Mitos ini akan menghambat untuk kemajuan dalam berbisnis sehingga menciptakan mental blok, yakni cara berpikir, berperasaan akan ilusi negatif yang membuat kita takut.

Menurut Eko, untuk menjadi pengusaha yang berhasil kita harus memiliki mental pengusaha yakni berani memulai, berinisiatif, berani merugi, berani bersaing, tepat waktu, bersifat terbuka, senang melayani, kreatif dan membuka diri. Selain itu tips terakhir dari Eko adalah ikuti komunitas bisnis yang ada di dunia nyata dan dunia maya agar apabila memiliki masalah bisa saling berbagi dan membantu dalam memecahkan masalah tersebut.