Teknik Elektro ITB Selenggarakan Open House dan Seminar Tugas Akhir

Edo Belva | Kamis, 14 - Juni - 2012, 22:30:28

Pada kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini, diadakan pameran karya dari Tugas Akhir mahasiswa Teknik Elektro ITB. Selain itu berlangsung juga Sidang Terbuka Tugas Akhir mahasiswa. Mahasiswa harus mempresentasikan hasil kerja mereka selama satu tahun dihadapan para dosen untuk menentukan kelulusan mereka.

Menurut Ary Setijadi, acara ini merupakan sebuah akhir dan sebuah awal. Disebut sebagai sebuah akhir karena acara ini merupakan pameran dari Tugas Akhir para mahasiswa. Dan disebut sebagai sebuah awal karena acara ini merupakan awal dari rencana Program Studi Teknik Elektro ITB untuk menjadi lebih baik.

Ada beberapa tujuan diselenggarakannya pameran Tugas Akhir ini. Salah satu tujuannya adalah untuk memperkenalkan tentang keilmuan teknik elektro ke masyarakat. "Pameran ini terbuka untuk umum, dan kita mengundang masyarakat umum untuk melihat pameran ini," ujar Ary. Masyarakat bisa melihat aplikasi dari 22 karya tugas akhir dan 4 karya keprofesian yang dipamerkan.

Selain itu jika diadakan pameran seperti ini, setiap mahasiswa dapat saling melihat Tugas Akhir yang mereka kerjakan. "Mereka dapat saling membandingkan tugas akhir masing-masing, apakah Tugas Akhir mereka lebih mudah atau lebih susah dari Tugas Akhir rekan mereka," ungkap Ary.

Keterlibatan Industri

"Pada tugas akhir ini kami menginginkan keterlibatan industri dalam hal penilaian," ujar Ary. Dengan keterlibatan industri pada penilaian, diharapkan pihak industri dapat mengetahui kemampuan sarjana Teknik Elektro ITB. "Kita ingin menunjukan kemampuan kita pada industri," ungkapnya.

Menurut Ary, tindakan ini adalah tindakan yang cukup berani. "Karena di sini kita sangat transparan, semua bisa melihat," tambahnya.

Selain itu diharapkan untuk tahun-tahun kedepan, semua topik yang digunakan untuk Tugas Akhir merupakan topik permintaan dari industri. Hal ini bertujuan agar semua sarjana Teknik Elektro ITB sudah benar-benar siap untuk masuk ke industri begitu lulus.

Menurut Achmad Furqan Idrus (Teknik Elektro 2008), salah satu peserta pameran, acara ini sangat menarik. "Semua orang bisa melihat, dan karya-karya yang kita buat bisa langsung dicoba oleh pengunjung," ujarnya.

"Kita juga bisa lebih bersemangat dalam membuat Tugas Akhir, karena nanti karya kita akan dipamerkan," tambah Achmad.