Mahasiswa Berprestasi 2013: Mencari Tunas Muda Ganesha

Medhira Handinidevi | Selasa, 2 - April - 2013, 00:11:01

Suasana tegang dan gelisah dirasakan oleh kandidat-kandidat mahasiswa berprestasi yang sedang menjalani proses seleksi di tingkat Fakultas. Kamis (28/03/13) adalah hari penentuan bagi kandidat-kandidat tersebut dan merupakan hari pengumuman Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas. Hari itu, pukul 15.00 tiap Fakultas wajib menyetor nama Mahasiswa Berprestasi yang akan melaju dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat perguruan tinggi.

Pemilihan mapres ini adalah bagian dari upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik (mahasiswa) agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Mahasiswa idealnya tidak hanya menggeluti bidang keilmuannya saja. Untuk sukses dan bertahan di dunia kerja nantinya, seorang mahasiswa membutuhkan soft skill yang kokoh. Maka dari itu, dalam pemilihan mapres ini tak hanya aspek pendidikan formal saja yang diperhitungkan.

Proses pemilihan mapres terdiri dari beberapa tahap. Awalnya, mahasiswa yang berminat mendaftar menjadi mapres mendaftarkan diri atau ditunjuk langsung oleh Tata Usaha program studi. Kemudian tim seleksi tiap fakultas memanggil kandidat-kandidat dari tiap program studi tersebut. Penilaian yang dilakukan didasarkan pada capaian akademik kandidat dan kemampuan-kemampuan lain berupa kepemimpinan, penguasaaan bahasa asing, dan keaktifan organisasi.

Untuk maju ke tahap pemilihan mawapres perguruan tinggi, kandidat membuat karya tulis ilmiah sesuai dengan tema yang ditentukan. Beberapa alternatif topik yang ditawarkan termasuk ke dalam prioritas pembangunan nasional yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2013. Pemilihan topik ini bertujuan untuk menggali pemikiran kandidat dan melihat sejauh mana ide dan gagasan yang dibawa tiap-tiap kandidat.

Tiap tahunnya, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat perguruan tinggi memiliki namanya masing-masing di ITB. Tahun 2011, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi diberi nama Ganesha Prize dan dimenangkan oleh Reswita Dery Gisriani (Sains dan Teknologi Farmasi 2008). Tahun selanjutnya, giliran Hendra (Teknik Kimia 2008) yang memenangkan Ganesha Best Student (Ganbest). Tahun 2013 ini, siapakah yang akan terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi ITB 2013?

 

Gambar: Reswita Dery Gisriani (atas) dan Hendra (bawah)