Farmasi ITB Kembali Raih Juara Umum Olimpiade Farmasi Indonesia

Neli Syahida | Selasa, 17 - Desember - 2013, 00:13:33

OFI merupakan suatu wadah bagi mahasiswa farmasi se-Indonesia dalam mengasah ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Farmasi. Kompetisi ini diwadahi oleh suatu komite yang bernama Komite Olimpiade Farmasi Indonesia (KOFI). OFI tahun ini diikuti oleh 60 orang peserta bidang Farmasetika dan 76 peserta bidang Farmakologi yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Pada OFI V, Sekolah Farmasi ITB mengirimkan 15 wakilnya, yaitu 10 orang untuk bidang Farmasetika dan 5 orang untuk bidang Farmakologi.

Kompetisi  ini terdiri dari beberapa babak. Pada babak penyisihan, peserta diminta mengerjakan 10  soal essay mengenai topik yang telah ditentukan sebelumnya dalam waktu 120 menit. Dari hasil seleksi tersebut, diumumkan 5 peserta yang berhasil masuk ke babak final untuk masing-masing bidang. Sebuah prestasi yang membanggakan bahwa lima finalis bidang Farmasetika berasal dari SF ITB, yaitu Lukman Tri Wibowo, M. Fauzan Triandi, Mulyani Dwi Yanti, Safira Noor Anindita, dan Sion Elisabeth. Kelimanya merupakan mahasiswa program studi Sains dan Teknologi Farmasi 2010. Sedangkan untuk bidang farmakologi, wakil SF ITB yang berhasil lolos adalah Permana Juliansyah (Farmasi Klinik dan Komunitas '10). Babak final terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap skrining resep, studi kasus, dan presentasi jurnal. Untuk peserta bidang Farmakologi juga ditambah dengan konseling obat.

Hal yang cukup menarik adalah pada babak final untuk bidang farmasetika, kelima finalis berasal dari SF ITB sehingga sudah dapat dipastikan ketiga posisi juara akan diduduki oleh SF ITB. Setelah diumumkan, juara pertama berhasil diraih oleh Lukman Tri Wibowo, juara kedua Muhammad Fauzan Triandi, dan juara ketiga Mulyani Dwi Yanti. Sedangkan pada bidang Farmakologi, Permana Juliansyah berhasil menduduki posisi kedua. Kebahagiaan tersebut menjadi lengkap setelah untuk ketiga kalinya SF ITB dinobatkan sebagai Juara Umum OFI V. Sebelumnya, SF ITB pernah meraih juara umum pada OFI II dan III, sedangkan pada OFI I sendiri Farmasi ITB belum bergabung menjadi peserta.