Muhammad Firmansyah Kasim, Calon Penerima Gelar Doktor dari University of Oxford

Akbar Syahid Rabbani | Sabtu, 9 - Agustus - 2014, 14:03:50
Sejak bersekolah di SMA Islam Athirah Makassar, Firman memang sudah menekuni bidang Fisika. Beberapa prestasi internasional pun pernah Firman catatankan, raihan medali emas di 38th International Physics Olympiad, Juli 2007 di Isfahan, Iran dan medali emas di Asian Physics Olimpiad (APhO) di Beijing, Tiongkok, April 2007, adalah beberapa prestasi yang sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia. Pemuda yang lahir di Makassar pada 26 Januari 1991 ini juga disibukkan dengan aktifitasnya di Conseil Europe;ene pour la Recherche Nucle;aire (CERN) yang merupakan laboratorium penelitian fisika partikel dan nuklir terbesar di dunia, yang berada di Jenewa, Swiss. Selain itu, Firman merupakan warga Indonesia pertama yang aktif di Lembaga Penelitian Fisika Partikel di University of Oxford.


Jika sesuai rencana, maka 2 tahun lagi Firman akan mendapatkan gelar Doktor dari University of  Oxford. Menurut Firman, bersekolah di luar negeri adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan yang ingin dicapai sejak dulu. Meski begitu, Firman menganggap bahwa kesuksesan adalah milik pribadi dan kita tidak bisa menilai parameter kesuksesan orang lain. "Saya belum menilai diri saya sukses sepenuhnya, tapi kalau ditanya orang yang paling berperan membawa saya ke kondisi seperti sekarang, tentunya orang tua yang selalu mendoakan setiap saat." kata Firman melengkapi penuturannya tentang arti kesuksesan.


Setelah menyelesaikan pendidikannya di Oxford, Firman berharap bisa mengabdikan diri untuk bangsa dan ikut mendorong semakin banyaknya putra-putri Indonesia yang mendapat kesempatan memperoleh pendidikan berkualitas. Dengan adanya program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diberikan pemerintah Indonesia, Firman meyakini bahwa kualitas manusia Indonesia akan terus meningkat dan berkembang. "Secara general saya ingin bermanfaat bagi banyak orang dan ini tidak pernah berubah. Tapi saya memiliki tujuan yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi saat ini. Karena tujuan hidup saya secara spesifik menyesuaikan dengan kondisi saat ini, jadi otomatis hidup yang saya jalani sekarang sudah sesuai dengan visi hidup yang saya buat. Be positive and don't give up!" kata Firman mengakhiri wawancara.

 

Sumber gambar: Dari berbagai sumber