CADL: Pusat Pengembangan Ilmu Seni, Desain dan Bahasa Terpadu di ITB

Muhammad Arief Ardiansyah | Sabtu, 24 - September - 2016, 07:42:05

Gedung CADL telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan riset lebih lanjut terhadap ilmu seni dan desain di Indonesia. Pengembangan keterampilan kriya misalnya dapat dilakukan di dalam craft studio yang terletak pada lantai 3 gedung ini. Sementara untuk pengembangan ilmu tekstil juga dapat dilakukan di textile studio yang hanya berada satu lantai diatas craft studio. Khusus dalam pengembangan ilmu tekstil juga terdapat laboratorium khusus yang dapat merancang sample karya tekstil yang akan dibuat secara digital. Laboratorium ini terletak bersebelahan dengan studio tekstil pada lantai yang sama.

Untuk keperluan industri kreatif, gedung CADL juga telah memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan riset dan perkuliahan bagi 3 prodi yang sangat berkaitan dengan hal ini. Mereka adalah prodi Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan prodi Desain Produk. Untuk prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) misalnya, telah disediakan studio khusus animasi dan multimedia lengkap dengan laboratoriumnya masing-masing yang terletak di lantai 6 gedung ini. Sementara untuk prodi Desain Produk telah memiliki studionya sendiri di lantai teratas gedung tertinggi di ITB ini. Untuk Desain Produk bahkan telah dilengkapi dengan ergonomic lab yang mampu menganalisis aspek kenyamanan penggunaan dari suatu produk secara lebih mendalam.

Demi mengikuti perkembangan teknologi yang semakin cepat, gedung CADL juga telah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium permodelan purwa rupa secara digital dan laboratorium permodelan khusus 3 dimensi. Keperluan riset mendalam terhadap masalah pencahayaan dalam lingkup spasial juga dapat terpenuhi dengan adanya fasilitas spatial perception lighting simulation lab. Fasilitas-fasilitas ini juga disediakan demi tujuan preservasi dan konsultasi dalam bidang ilmu seni dan desain.


Tingkatkan Kemampuan Berbahasa di UPT Pusat Bahasa ITB

Adapun dalam rangka menghasilkan lulusan yang dapat berkompetisi dalam level internasional tentunya diperlukan serangkaian program yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing dari para mahasiswanya. Terkait hal ini, ITB telah memiliki UPT Pusat Bahasa yang bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa dalam mendukung proses pembelajaran serta menyediakan layanan pembelajaran bahasa asing baik bagi ITB maupun masyarakat umum. UPT Pusat Bahasa ITB menempati area baru di lantai dasar gedung CADL yang berada di bagian gedung yang menghadap ke Jalan Taman Sari. Pembelajaran bahasa di UPT Pusat Bahasa berlangsung menyenangkan dengan adanya diskusi dan presentasi yang masing-masing telah memiliki ruang kelas khusus. Gedung CADL juga dilengkapi dengan laboratorium bahasa yang dapat menunjang pembelajaran keterampilan berbicara dan mendengarkan di dalam kelas bahasa.

Sampai hari ini UPT Pusat Bahasa ITB telah menyediakan layanan pembelajaran untuk 14 jenis kelas bahasa berbeda, diantaranya bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Perancis, bahasa Arab, bahasa Belanda, serta Bahasa Korea. Untuk kelas bahasa Inggris bahkan juga dibuka beberapa kelas khusus untuk persiapan tes TOEFL dan IELTS. Tak luput juga dibuka kelas Bahasa Indonesia untuk Pelajar Asing (Indonesian for Foreigners) yang diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang menempuh studi di ITB.