Program Studi Sarjana Kewirausahaan

Informasi Umum

Program Studi Sarjana Kewirausahaan adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu mengenai daur perkembangan usaha, mulai dari identifikasi peluang, pencarian gagasan kreatif, perencanaan usaha, usaha mula, sampai pengembangan usaha yang inovatif, dengan risiko yang terukur.

Kewirausahaan adalah sebuah disiplin ilmu tentang siklus hidup usaha atau bisnis mulai dari gagasan, perencanaan, hingga menjalankan usaha yang berhasil. Ilmu dasar kewirausahaan mencakup model bisnis, teori inovasi, perencanaan bisnis, penanganan risiko, investasi dan pendanaan, negosiasi dan legalitas bisnis, perintisan bisnis, dan pengembangan bisnis.

Profil lulusan Program Studi Sarjana Kewirausahaan dapat mengisi berbagai kegiatan kewirausahaan sebagai pewirausaha mula, perancang bisnis, konsultan bisnis, pengembang bisnis, investor, pewirausaha sosial, pewaralaba, analis kredit, pendamping bisnis, dan pembuat kebijakan kewirausahaan.

Berbeda dengan sarjana manajemen yang berpusat pada peningkatan kinerja sistem bisnis yang sudah mapan, sarjana kewirausahaan menaruh perhatian pada daur perkembangan usaha yang belum ada atau masih dalam tahap gagasan. Program studi sarjana kewirausahaan bukan hanya menguasai konsep teoritis model bisnis dan perencanaan bisnis tetapi juga mampu memulai bisnis baru dan membuat strategi pengembangan bisnis.

Prospek Kerja

Seorang alumni SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:

  • Entrepreneur
    Dari pengalaman yang telah didapatkan dari mata kuliah IBE , para alumni SBM ITB akan siap untuk memulai bisnis dari awal.
  • Konsultan
    Dengan bekal pengetahuan yang didapat selama masa kuliah, alumni SBM ITB dapat berkiprah menjadi konsultan bisnis dan manajemen. Bisa berupa konsultan marketing, konsultan human resource, konsultan keuangan.
  • Bidang Keuangan
    Alumni SBM juga bisa berkiparah di bidang keuangan. Bidang ini dimiliki setiap perusahaan, auditor publik, dan juga bank.
  • Industri Jasa maupun Manufaktur
    Kemampuan manajemen dibutuhkan di setiap bidang industri, karena itu alumni SBM akan sangat dibutuhkan berbagai bidang industri.