Program Studi Sarjana Manajemen

Informasi Umum

Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata globalisasi. Dan mungkin sebagian teman-teman juga sudah mengetahui bahwa globalisasi menuntut pemenuhan kebutuhan dalam menyediakan produk dan servis yang lebih baik dengan dengan harga yang lebih murah. Tentunya ini merupakan suatu tantangan besar bagi kita dalam memperkuat perekonomian bangsa. Sehingga dibutuhkan orang-orang yang bisa menjadi pemimpin yang berjiwa entrepreneur yang bisa mengambil keputusan dengan cepat dan mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif yang dimilikinya untuk menjawab kebutuhan tersebut. Dan melalui program studi bisnis dan manajemen, ITB menjawab tantangan itu.

Untuk menjawab tantangan di atas, selain business skills, juga diperlukan pengembangan terhadap kemampuan intrapersonal. Karena, dewasa ini pengusaha yang sukses perlu untuk membangun jaringan yang luas sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap reputasi dan kesuksesan bisnisnya. Berhubungan dengan banyaknya orang yang mempunyai latar belakang, budaya, dan kebangsaan yang berbeda juga menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama dengan orang lain. Oleh karenanya, dari tingkat pertama sampai tingkat tiga, SBM ITB mengembangkan pendidikan dengan orientasi kerja tim dan kemampuan intra dan interpersonal.

SBM ITB juga mengemas pendidikan bisnis dan manajemen ini ke dalam bentuk yang menarik sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Salah satunya dengan adanyafield tripPada kegiatan ini, teman-teman akan melakukan kunjungan selama tiga hari di suatu daerah. Di sana, teman-teman akan melakukan survey mulai dari kehidupan di daerah tersebut sampai masalah lingkungan yang mereka temui. Kemudian setiap grup yang telah dibentuk sebelumnya, membuat solusi-solusi yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah ini.

Sesuai dengan visi SBM, yaitu, menjadi institusi yang melahirkan pemimpin-pemimpin dan entrepreneur baru, maka SBM telah merancang mata kuliah IBE ( Integrated Business Experience ). Disini teman-teman akan berkesempatan mendapatkan pengalaman menjalankan bisnis sendiri dengan menggunakan modal peminjaman dari bank. Teman-teman natinya diharuskan membuat proposal peminjaman dan menyiapkan jaminan untuk ke bank dan bank akan menyetujui pinjaman tersebut apabila usaha yang telah teman-teman rancang, memungkinkan untuk dilaksanakan. Ketika uang pinjaman yang telah disetujui ada di tangan, kemudian teman-teman harus mengimplementasikan apa yang telah direncanakan di proposal sebelumnya. Tentunya diperlukan integrasi ilmu-ilmu yang telah dipelajari seperti manajemen operasional, hukum bisnis, kode etik perusahaan, manajemen sumber daya manusia, dan informasi teknologi. Jika bisnis tersebut berjalan dengan sukses, maka keuntungan yang didapatkan akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Di tahun terakhir, teman-teman akan diperkenankan untuk memilih major dalam bidang bisnis manajemen. Tentunya bidang yang diambil haruslah cocok dengan keinginan dan kemampuan teman-teman sendiri. Bidang yang bisa diambil diantaranya pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi.

Prospek Kerja

Seorang alumni SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:

  • Entrepreneur
    Dari pengalaman yang telah didapatkan dari mata kuliah IBE , para alumni SBM ITB akan siap untuk memulai bisnis dari awal.
  • Konsultan
    Dengan bekal pengetahuan yang didapat selama masa kuliah, alumni SBM ITB dapat berkiprah menjadi konsultan bisnis dan manajemen. Bisa berupa konsultan marketing, konsultan human resource, konsultan keuangan.
  • Bidang Keuangan
    Alumni SBM juga bisa berkiparah di bidang keuangan. Bidang ini dimiliki setiap perusahaan, auditor publik, dan juga bank.
  • Industri Jasa maupun Manufaktur
    Kemampuan manajemen dibutuhkan di setiap bidang industri, karena itu alumni SBM akan sangat dibutuhkan berbagai bidang industri.